kode analitik.txt Muh Akbar Ridho (ridh26@gmail.com) Menampilkan kode analitik.txt.

Sunday, October 5, 2014

Yang Manakah SWR DAIWA CN801 Anda ?

Assalamu'alaikum ...
Yang Manakah SWR DAIWA CN801 HP Anda ?
Bagi anda yang gemar menggunakan frekuansi broadcast FM maupun brik-brikan di frek 79Mhz dan pengguna 3 meteran serta 2 meteran, WAJIB baca nih ulasan dari postingan saya berikut ..

Siapa sih yang tidak kenal dengan SWR sejuta Umat ini ? tentunya SWR Daiwa CN801 HP ini adalah swr ideal bagi kalangan menengah seperti anda dan saya. Dikarenakan jangkauan frekuensi memenuhi kebutuhan yaitu 1.8-200Mhz, juga kemampuan daya yang cukup lumayan yaitu peak pengukuran 2000 Watt.

Beberapa bulan yang lalu teman saya selalu saja menyebutkan SWR ini terlalu ringan untuk frekuensi 3 meteran (broadcast), dan hanya pas untuk frekuensi HT (2 meteran). Sebenarnya seberapa akurat sih swr ini? Saya sih masih tetap yakin dengan SWR DAIWA saya yang saya beli sekitar 5 tahun yang lalu ...
apakah benar pernyataannya ... mari kita buktikan ...
Simak ya .....


Nah kejadiaany beberapa pekan yang lalu,, teman saya "sebut saja tronik" membeli SWR daiwa cn801 yang baru. Saya sudah tahu sejak lama bahwa SWR daiwa yang baru dan yang lama ada sedikit berbeda dalam desainnya .. namun belum mencobanya karena swr saya yang saya beli (kira-kira 5 tahun yang lalu ) masih bagus.
Nah yang saya ketahui SWR tipe CN-801 HP (bukan tipe H yang paling jadul lho) ada beberapa perbedaan (maklum saya orang yang teliti hehe). Jika anda lihat dari depan akan sama tak ada beda, namun jika anda lihat dari belakan ada beberapa perbedaan

Saya mulai dari SWR yang saya miliki sampai saat ini..

1 . SWR Daiwa periode 1 (saya katakan periode 1 hanya kira2 saja )
swr ini lah yang saya beli dan saya gunakan sampai saat ini ..
jika dilihat dari belakang seperti ini
 
Nah SWR yang saya punyai sebut saja CN 801 Series .. (ini hanya sebutan dari saya saja)
- Memiliki 1 saklar untuk light
- Tertera Frequency raange
- Tertera CN-801 series
-Conector Atas Bawah

2 . SWR Daiwa Periode 2 (saya katakan periode ke 2 karena beredar baru baru ini)
  Swr ini yang sekarang lebih banya beredar di pasaran, ini yang di beli tronik beberapa pekan yang lalu ..
jika dilihat dari belakang seperti ini

Nah anda bisa membedakan sendiri .. sebut saja swr ini CN-801@series (ini hanya sebutan dari saya saja)
- Memiliki 2 saklar untuk light
- Tidak Tertera Frequency raange
- Tidak Tertera CN-801 series
-Conector Sampingan

Langsung saja saya bandingkan andara kedua swr ini saat itu ..
saya gunakan jalur FM (broadcast) 3 meteran
menggunakan Pemancar saya berdaya sekitar 50 watt .. ini dia hasilnya

SWR yang atas adalah swr saya (CN-801 series)
SWR yang bawah adalah swr baru (CN-801@series)
Nah .. silahkan dilihat
di swr saya (cn-801series) terbaca 52 Watt 
namun di swr baru (cn-801@series) terbaca 68 Watt

Lumayan juga kan selisih watt nya ... dari 52 ke 68 watt .. ??

Pengukuran ini hanya pada frek 3 meteran ( broadcast ), ketika teman saya cek di frek 2 meteran (HT) skitar 143 Mhz jangan kawatir power meter baru ini menunjukkan watt yang sama ..

Nah untuk SWR meternya baik di frek 3 meteran maupun 2 meteran menunjukkan hasil yang akurat, tidak bergeser titik macth nya .. baik swr CN-801series maupun CN-801@series .. hasil sama dengan analizer MFJ saya ...

(hal ini seperti saat saya dl pnya diamond sx200 kasusnya sama .. di 3 meteran lebih ringan dan di 2 meteran akurat power meternya)

nah setelah terlihat perbedaan power meter di swr teman saya tronik .. langsung saja saya bongkar dan saya putar trimpotnya untuk mendapatkan hasil yang sama pada frekuensi 3 meteran karena dia tidak menggunakan jalur 2 meter band ... (mau di pakai di jalur broadcast saja)

Setelah saya amat amati kualitas VU juga sedikit berbeda ..
Nah semoga ulasan saya bermanfaat untuk pembaca ... 
barakallahu fikk

21 comments:

  1. mantap mas ridho ulasannya..sangat pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih atas kunjungan di blog kami,, senang bisa berbagi pengalaman atau sejenisnya ,, maju indonesiaku

      Delete
  2. I am actually glad to glance at this website posts which contains tons of valuable facts, thanks for
    providing such information.

    My webpage ... sparta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ,, for you visiting in my blog ,, happy to share information :)

      Delete
  3. Terimakasih mas Ridho, ulasannya sangat membantu bagi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas uan subhanudin ... semoga bermanfaat

      Delete
  4. eh tyt ktm blog mas ridho, kl g slh bbrp bln yll qt ktm di fm ya, apa bnr ini mas ridho yg kty dkt pln, sy dah rncn ma mas panut mo maen ksitu tp lom kesampaian.komo boyolali

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih mas sudah mampir ke blog saya dan ikut comment ... iya saya ridho yang dekat pln .. ya kapan2 kalau luang atau pas ke klaten mampir sini mas ...

      Delete
  5. Assalamua'alaikum mas Ridho

    Dengan membagi ilmu, insya Allah berkah dan keluarga antum selalu diberi kesehatan, salam kenal saya Apul dari Karawang, mohon izin memposting tulisannya..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam ... terimakasih banyak mas Apul sudah sempet coret2 di blog saya :)
      semoga keluarga sehat selalu .. salam adari klaten

      Delete
  6. Mantap om, semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih

    ReplyDelete
  7. Mas Ridho, penjelasan Anda sangat bermanfaat< tks

    ReplyDelete
  8. Apa ada indikasi swr sekarang banyak yang aspal asli tapi palsu,kerna merk tenama keluaran dulu sekarang banyak yang mirip mirip namun beda merk ada juga yg mencatut merk ternama coba kita liat dipasaran bentuk mirip inisial dol..,dan mond itu banyak yg hampir mirip

    ReplyDelete
  9. Sy beli cn801hp bekas, unt saklar avg normal, sy geser saklar ke pep kedua jarum tdk bergerak sama sekali, apanya yg rusak ya dan apa fungsi pep, seandanya rusak gmn cara perbaiki , trimaksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih tegangan 12 volt. Javk dc yg di belakang

      Delete
  10. Sy punya cn 801 cuna buat ngukur sw4 nya kacau.. alias ngawur... apa tuh sebebnya... mohon solusinya bos....tnks

    ReplyDelete
  11. Sy punya cn 801 cuna buat ngukur sw4 nya kacau.. alias ngawur... apa tuh sebebnya... mohon solusinya bos....tnks

    ReplyDelete
  12. Sy punya cn 801 cuna buat ngukur sw4 nya kacau.. alias ngawur... apa tuh sebebnya... mohon solusinya bos....tnks

    ReplyDelete
  13. Masih ada generasi yg sebelumnya, yg boleh saya katakan the best edition of CN-801 ya itu edisi tanpa switch lamp. dan PEP masih harus pakai power luar. dan generasi sebelumnya lagi dimana untuk mengaktifkan PEP harus dijumper PCB nya.

    ReplyDelete