kode analitik.txt Muh Akbar Ridho (ridh26@gmail.com) Menampilkan kode analitik.txt.

Friday, February 7, 2014

Penguat Penerima Radio FM untuk Brik Brikan

Assalamu'alaikum sobat pecinta radio ..
Beberapa bulan yang lalu saya diminta teman saya dari jatim "masugin" yang berada di madiun
Nah setelah beberapa eksperimen .. pada penerima radio saya, dan eksperimen teman teman briker klaten ,, teman saya kang nur .. mendapatkan dari rangkaian built up receiver 
Berikut gambar rangkaian Penguat Penerima Radio FM


Nah ini penampakanya ... dari review radio akan meningkat daya tangkapnya .. gelombang yang diterima antena akan dikuatkan 1 tingkat kemudian masuk ke tuner blog. Rangkaian ini mampu menaikkan sinya -/+ 40 % .
Bagi sobat sobat briker yang ingin membuktikanya .. berikut saya buatkan skemanya .. semoga membantu anda .. dengan demikian anda dapat berbincang2 dengan saya melaui radio di frek 79 Mhz .. karena kepekaan radio anda meningkat .. maklum saya cuma pakai 50 watt untuk boster brik saya ..
Berikut gambar Skema Penguat Penerima Radio FM


Tegangan yang digunakan rangkaian ini berkisar 12 volt .. untuk transistor bawaannya menggunakan u310   8107
Nah .. saya ingin kita berbagi pengalaman dan ilmu kita ..
koment ya sobat ..
Semoga membantu ..

kami akan mengulas dari awal sehingga yang belum pernah akan lebih mengerti
simak di web kami eplus elektronik plus www.elc-plus.com

21 comments:

  1. emitornya nyambung kemana
    mkasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungan anda di blog saya .. itu emitor nyambung ke ground mas ..

      Delete
  2. Nah pada tulisan "bisa di ganti ferrit " itu sebenarnya adalah kapasitor .. nilainya sekitar 100-200 nF

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok,trimksi
      ats infonya.

      Delete
    2. Sama sama mas .. senang bisa membantu ..

      Delete
    3. Bila panjenengan punya tuner memori, seperti pada radio mobil jenis pll, didalamnya ada semacam itu mas, cuman jarang ada di pasaran, karena yang ada hanya tuner blog yang haru sdi uthak uthik lagi,,,,,, kalo bisa. kalo enggak malah tambah kurang peka.... sekalian mau nawarkan tunernya juga... hubungi mas rangga rangga lawe briker dari malang jaawa timur. dengan alamat jalan bylira nomer 163. tunggul wulung lowok waru malang... hubungi di face book ada..... broto kaliangkrik sudah kesana pas puasa kemarin

      Delete
  3. ukuran lilitannya brapa Mas?Tengkyu atas sharing pengetahuannya

    ReplyDelete
  4. Trnya ap bisa di ganti seri yg lain mz..karena nyarinya sulit.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kesulitan silahkan pakai yang disini mas
      http://ridho26.blogspot.com/2014/05/penguat-penerima-radio-fm-untuk-brik.html?showComment=1399591791537#c6806147158987197798

      Delete
  5. Kalau transistornya dinganti dengan transistor VHF sprti : C2026,C2570, C829, C828 bisa gk mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedula lilitan brp lilit, diameter brp?

      Delete
    2. setelah saya selidiki di datasheet baru sadar ternyata jenis Jfet .. maka bisa menggunakan jfett yang beredar dipasaran dan suport untuk 100Mhz min

      Delete
  6. tr.e jenis j fet tta bos..

    ReplyDelete
  7. betul mas saya baru buka datasheet ini

    ReplyDelete
  8. Mas..kenapa di boster ht yg mas rakit tidak ditambah rangkaian ini..kan bukan mengirim aja yg lebih kuat tapi menerimanya juga mesti lebih kuat...trim

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mas ,, saya belum mencobakan untuk di HT ,, semoga kedepannya bisa oprek2 di HT :)

      Delete
  9. untuk jfet penempatan kaki kakinya gimana kan beda bukan BCE

    ReplyDelete